Apa itu Simple Present Tense?

Source: Freepik.com

Hi, everyone! Balik lagi bersama SUN yang akan memberikan kalian informasi bermanfaat, gak cuma tentang kuliah di luar negeri tapi juga mengenai materi bahasa Inggris. Nah, kali ini, kita akan membahas mengenai Simple Present Tense. Apa itu Simple Present Tense? Pasti kalian cukup familiar dengan salah satu tenses bahasa inggris yang satu ini. Yuk, langsung kita bahas!

Present Tense

Present tense adalah salah satu dari tiga tenses utama, bersama dengan past dan future tenses, di mana kata kerja akan sering muncul. Seperti namanya, present tense digunakan untuk menunjukkan bahwa sesuatu sedang terjadi pada saat ini atau saat ini.

Present tense memiliki empat variasi yang berbeda, termasuk present continuous, present perfect continuous, present perfect, dan simple present tense. Dalam pengajaran ini, kita akan membahas Simple Present Tense secara mendetail dan menjelaskan bagaimana mereka dapat digunakan dalam sebuah kalimat.

Apa itu Present Simple Tense?

Present simple (juga disebut simple present, atau present indefinite) adalah salah satu tenses paling umum dalam bahasa Inggris. Tenses ini digunakan untuk berbicara tentang fakta, kebiasaan, situasi tetap, dan rutinitas.

Source: Freepik.com

Simple Present: Struktur

Bentuk sederhana Present tense dari hampir semua kata kerja adalah bentuk dasar dari kata kerja itu, kecuali kata kerja orang ketiga tunggal. Lihatlah contohnya:

  • I need a new book
  • They study Biology

Present Simple Structure: Orang Ketiga Tunggal

Saat kamu  ingin membuat kalimat afirmatif dalam bentuk orang ketiga tunggal seperti She, He, It, kamu  perlu menambahkan ‘s’ ke kata kerja utama. Berikut beberapa contohnya:

The cat drinks water from this bowl. 

Kata kerja utamanya adalah ‘drink’ dan ‘s’ orang ketiga ditambahkan karena subjeknya adalah ‘cat.’

She eats dinner at 9 P.M. 

Kata kerja utama di sini adalah ‘eat’, dan karena subjeknya adalah ‘she’, kata kerjanya berubah menjadi ‘eats’.

Kata kerja tak beraturan (Irregular Verb)

Present Simple dengan Verb ‘to Be’ dan ‘to Have’ adalah kata kerja tidak beraturan, ia mengambil bentuk yang berbeda untuk subjek yang berbeda. Lihatlah tabel di bawah ini untuk konjugasi kata kerja ‘to be’ dan ‘to have:’

To Be
To Have
Iamhave
She/He/Itishas
We/They/Youarehave

Contoh:

My sister  is a teacher and I’m a secretary.

We have a very cute cat.

Present Tense: Aturan Ejaan Orang Ketiga

Menambahkan ‘s’ orang ketiga ke sebagian besar kata kerja biasa itu mudah; kamu menambahkannya ke akhir kata kerja dan hanya itu. Namun, ada beberapa akhiran kata kerja yang ejaannya berubah saat kamu menambahkan ‘s.’ Mari kita lihat akhiran ini:

Jika kata kerja diakhiri dengan huruf -ch, -ss, -sh, -x atau -zz, o, kita tambahkan ‘es’ bukan ‘s.’ 

watch → watches

miss → misses

wash → washes

go → goes

do → does

Jika kata kerja diakhiri dengan konsonan a dan huruf ‘y’, kita ubah ‘y’ menjadi ‘i’ lalu tambahkan ‘es.’

cry → cries

fly → flies

study → studies

Jika kata kerja diakhiri dengan vokal dan huruf ‘y’, kita cukup menambahkan ‘s.’

play → plays

say → says

stay → stays

Source: Unsplash.com

Present Simple Auxiliary Verb: Do

Untuk membuat pertanyaan atau membuat kalimat negatif dalam present simple tense, kita perlu menggunakan kata kerja bantu: Do. Dalam simple present, ‘do’ dan ‘does’ adalah kata kerja bantu, tetapi perhatikan bahwa mereka juga bisa menjadi kata kerja utama. Lihatlah contoh ini:

I don’t want to do my assignment.

Yang pertama ‘do’’ adalah kata kerja bantu dan yang kedua adalah kata kerja utama yang berarti melakukan  melakukan.

Present Simple: Negation

Untuk membuat kalimat negatif dalam present simple tense, kita harus menggunakan kata kerja bantu ‘do’. Jika kata ganti kita adalah orang pertama dan orang kedua tunggal atau jamak dan orang ketiga jamak, kita menggunakan ‘don’t’ dan jika itu adalah orang ketiga tunggal, kita menggunakan ‘doesn’t.’

Auxiliary Verb
I/You/We/Theydon’t
He/She/Itdoesn’t

Jika subjek kalimatmu adalah I (saya)/ You (kamu)/ We (kami)/ They (mereka), kamu menambahkan do not (don’t) ke subjeknya, diikuti dengan kata kerja utama sederhana, tanpa ‘s.’

Contoh:

I don’t study for the exams.

Jika subjek kalimatmu adalah he/she/it, lamu menambahkan does not (tidak) pada subjek, diikuti kata kerja utama sederhana, tanpa ‘s.’

Contoh:

She doesn’t go to school.

Present Simple: Questions

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu fungsi kata kerja bantu seperti do dan does adalah membuat pertanyaan. Untuk membuat pertanyaan ya/tidak, Anda perlu memulai kalimat dengan kata bantu do/does. Subjek muncul setelahnya, diikuti oleh kata kerja utama. Lihatlah contohnya:

They go to the schools ⇒ Do they go to the school?

Anna eats the apple ⇒ Does Anna eat the apple?

Kamu dapat membuka pertanyaan 5W 1H ( wh- question) dengan mengawali kalimat dengan kata WH dan kemudian menggunakan do/does. Subjek muncul kemudian, diikuti oleh kata kerja utama.

Contoh:

I want to read the book at the public library ⇒ Where do you want to read the book?

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai Simple Present Tense. Pastikan kamu menggunakan tenses tersebut dengan tepat, ya! Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya di sini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *