I see dalam bahasa Indonesia artinya apa saja ya?

Pasti kamu sering kan mendengar ungkapan “I see” dalam keseharianmu? Atau bahkan kamu juga telah menggunakan ungkapan tersebut saat berinteraksi dengan teman, kolega, guru, atau keluargamu. Ternyata, kalimat tersebut memiliki berbagai makna, lho. Untuk itu, mari kita bahas “I see” dalam bahasa Indonesia artinya apa saja ya?

“I See” atau “I See What You Mean”

Ketika kamu sedang pada situasi mengerti akan sesuatu dan menyimak apa yang orang lain katakan, maka kata I understand dapat digantikan dengan I see atau I see what you mean.

Contoh:

  • I see what you mean, and just let me do it by myself.

Kalimat tersebut bermakna bahwa subjek “Saya” telah memahami apa yang lawan bicaranya katakan.

“I See Your Point”

Kalimat “I see your point” juga dapat dijadikan alternatif saat ingin mengatakan bahwa kamu mengerti apa yang seseorang katakan. Selain itu kamu juga bisa menggunakan ungkapan ini saat kamu tidak setuju dengan perkataan orang tersebut.

Contoh:

  • I see your point, John. Unfortunately, I’m not sure we can buy a new phone next week.

“I Get What You Mean” atau “I Get You”

Jika kamu mengerti dengan ucapan seseorang karena memiliki pengalaman yang sama, maka I get what you mean atau I get you bisa jadi pilihan yang tepat.

Contoh:

  • I get what you mean. I agree that we cannot change the past, but all we can do now is to move on.

Perbedaan “see” dan “look”

Dalam bahasa Inggris, ada kata yang memiliki makna serupa dengan kata lainnya yang kita sebut dengan sinonim. Contohnya, kata “see” dan “look” di mana keduanya bermakna “melihat.” Namun, walaupun dasarnya sama, kata “see” dan “look” memiliki perbedaan dalam beberapa konteks atau situasi.

Kita telah mengetahui bahwa kata “see” atau “I see” artinya bermacam-macam. Salah satunya adalah ‘menyadari’ atau ‘melihat’ sesuatu atau seseorang dengan menggunakan mata atau mengobservasi sesuatu. Kita juga bisa menggunakan kata kerja satu ini untuk menunjukkan arti bahwa kita ‘mengerti’ sesuatu.

Sementara itu, kata “look” juga memiliki arti harfiah “melihat.” Berbeda dengan “see,” kata “look” berarti mengarahkan pandangan dan perhatian ke arah tertentu, terutama untuk mengawasi atau mencari sesuatu dengan mata. Dalam kalimat imperatif atau perintah, kata “look” bermakna sebagai suruhan untuk memfokuskan pandangan mata ke sesuatu hal tertentu. Contohnya: “Look at the board!” Dalam konteks ini, kita tidak bisa menggantikan kata “look” dengan kata “see.”

Selain itu, definisi lain dari “look” yaitu melihat atau memandang sesuatu dengan terkejut atau terkagum. Kata kerja ini juga bisa bermakna lebih abstrak dan berarti “menantikan” atau “mengantisipasi” sesuatu. Penggunaan lainnya dari kata “look” yaitu ketika kita merujuk pada penampilan suatu hal atau seseorang ataupun ekspresinya. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat contoh-contoh kalimat dengan menggunakan kata “see” dan “look.”

Contoh-contoh kalimat yang menggunakan “I see” dan artinya

EnglishIndonesian
Did you see the woman that passed in front of us just now?Apakah kamu melihat wanita yang tadi melewati kita?
I saw you on the street this morning.Saya melihat kamu di jalan tadi pagi.
I see you have had quite a lot of problems lately.Saya mengerti kamu memiliki cukup banyak masalah akhir-akhir ini.

Contoh-contoh kalimat yang menggunakan “look” dan artinya

EnglishIndonesian
I am looking at a different picture from yours.Saya melihat gambar yang berbeda dari yang kamu lihat.
We are looking forward to your visit next month.Kami sangat menanti kunjungan kamu bulan depan.
He looks cool tonight.Dia terlihat sangat keren malam ini.
Look at the sky!Lihatlah ke langit!

Itulah pembahasan tentang ungkapan “I see” dan artinya serta penerapannya dalam kalimat. Sekarang, silakan kamu berlatih membuat kalimatmu sendiri.

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya di sini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *