Tentukan Jurusan Kuliah yang Tepat Dengan Mengikuti Tes Minat Bakat

Demi mengejar imipian untuk meraih karier, kamu perlu mempersiapkan diri dengan membekali dirimu dengan pendidikan yang berkualitas. Untuk itu, para calon mahasiswa diharapkan dapat menentukan pilihan jurusan yang tepat agar tidak menyesal di kemudian hari. Jurusan yang tepat akan membawa mahasiswa menemukan passionnya untuk belajar, sehingga mereka dapat meraih prestasi terbaik hingga pada akhirnya mereka dapat lulus dan siap mengejar karier yang diimpikan. 

Namun amat disayangkan jika tidak sedikit dari mahasiswa yang gagal memilih jurusan yang tepat. Sebagaimana yang disebutkan oleh Irene Guntur, M.Psi., CGA., Educational Psychologist dari Integrity Development Flexibity (IDF) bahwa terdapat 87% mahasiswa di Indonesia yang salah menentukan pilihan jurusan yang tepat. Demii menghindari hal tersebut, alangkah baiknya jika sejak duduk di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) siswa dapat memikirkan terlebih dahulu dan mempertimbangkan matang-matang sebelum memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. 

Ada banyak hal yang bisa dilakukan sebelum menentukan jurusan studi, khususnya di jenjang perguruan tinggi, salah satunya ialah dengan mengikuti Tes Minat dan Bakat.

Apa Pentingnya Tes Minat dan Bakat?

Dengan mengikuti tes minat dan Bakat, seseorang dapat lebih mengetahui potensi dirinta, termasuk kelebihan dan kekurangannya, baik dalam bidang akademis maupun faktor kepribadian. Selain itu, iapun akan mampu mengarahkan potensinya untuk lebih fokus terhadap suatu minat yang sesuai dengan bakatnya, juga ia dapat pula mengetahui jurusan pendidikan yang tepat berdasarkan dengan bakat dan minatnya. Hal tersebut dapat mengantisipasi kegagalan yang mungkin terjadi di kemudian hari akibat terjadinya salah jurusan.

Sementara itu, tak hanya bermanfaat bagi siswa, tes minat dan bakat dapat pula membantu pengajar untuk mengelompokkan peserta didik sesuai dengan minat dan bakatnya, sehingga para guru dapat lebih mudah dalam mengembangkan keterampilan siswa karena mereka telah mengetahui kemampuannya secara individu.  

Apa itu Tes Minat dan Bakat?

Saat mengikuti tes minat dan bakat, peserta biasanya akan dihadapkan oleh serangkaian tes analisa untuk menggali potensi apa yang menonjol dari setiap individu. Umumnya, tes ini terdiri dari beragam pertanyaan yang akan digunakan untuk menggambarkan kemampuan kognitif, karakteristik minat, serta kepribadian seorang siswa dalam suatu bidang ataupun jurusan tertentu. 

Tes Potensi Kognitif

Tes ini merupakan rangkaian soal yang dibuat untuk menguji kemampuan peserta didik dalam menganalisis masalah dengan menggunakan fungsi logika berfikir. Dalam hal ini, terdapat beberapa soal meliputi, Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan & Pemahaman Umum, serta Pemahaman Bacaan dan Menulis. Adapun di bawah ini, tertera beberapa tips dan strategi apa saja yang kamu bisa lakukan untuk membantu mengerjakan Tes Potensi Kognitif, di antaranya ialah

  1. Membaca soal dengan sangat teliti.
  2. Memahami pernyataan, baik fakta maupun opini yang terdapat dalam teks. 
  3. Menyesuaikan kalimat pada pilihan jawaban dengan pernyataan-pernyataan yang terdapat pada teks
  4. Menggunakan kerta untuk menghitung, mengurutkan, atau menggambar agar kamu bisa membayangkan situasi yang terdapat pada soal.

Persiapan Sebelum Mengikuti Tes Minat dan Bakat

Nah, saat kamu ingin mengikuti tes minat dan bakat, kamu perlu menyiapkan beberapa hal supaya berjalan lancar dan membuahkan hasil yang memuaskan. Untuk mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum mengikuti tes minat dan bakat, mari simak pembahasan di bawah ini.

  1. Memahami Sistem yang Digunakan

Sebagai langkah awal, kamu perlu mengetahui sistem yang digunakan dalam tes tersebut. Adapun salah satu jenis tes yang cukup terkenal yang sering digunakan, ialah MBTI atau Myer Briggs Type Indicator. Tes ini nantinya akan menyiratkan apakah kamu seorang ekstrovert atau introvert; apakah kamu suka berfikir sebelum bertindak atau bertindak spontan, dan lain sebagainya. Bukan hanya tes MBTI saja, kamu juga harus mengetahui secara detil mengenai segala informasi terkait tes tersebut. Sehingga dengan begitu kamu dapat menyiapkan apa saja yang perlu dilakukan agar menciptakan hasil yang optimal.

  1. Meminimalkan Segala Gangguan

Sebelum mulai menjalan tes minat dan bakat, alangkah baiknya jika kamu perlu mengurangi segala distraksi atau gangguan yang mungkin terjadi. Saat ingin mengikuti tes, pastikan kamu memiliki pikiran yang jernih dan tenang sehingga tidak ada satu apapun yang tengah mengganggu pikiranmu. Adapun gangguan tersebut bisa bersumber dari berbagai hal, baik internal maupun eksternal. Gangguan internal biasanya muncul dari stress dan pikiran dari diri pribadi, sedangkan gangguan eksternal biasanya muncul dari pihak luar, seperti suara bising dari tetangga atau kondisi lingkungan. Oleh karena itu, sangat penting untuk meminimalisir segala gangguan, khususnya dari ponsel. Pastikan kamu mematikan ponsel-mu atau tinggalkan dalam mode senyap.

  1. Bersikap Jujur

Hal yang tidak kalah penting dalam menjalani tes minat dan bakat ialah perlunya bersikap jujur. Dalam hal ini, kamu harus memberikan jawaban dengan sejujur-jujurnya dengan mengenali dirimu sendiri, tanpa intervensi dan upaya untuk menjadi diri orang lain. Karena setiap detil pertanyaan yang kamu dalam tes akan sangat mempengaruhi hasi tes yang akan kamu dapatkan nanti. 

Saat kamu memilih jawaban yang kurang sesuai dengan dirimu sendiri, maka akan sulit nantinya bagimu untuk mendapatkan hasil sebenarnya, yang akan jauh berbeda dengan dirimu. 

  1. Persiapkan Kondisi Fisik dan Psikologis yang Prima

Mengikuti tes minat dan bakat memang tidak hanya membutuhkan waktu, namun juga menguras pikiran dan energi. Oleh karena itu, sebelum mengikuti tes ini, kamu mesti pastikan kondisi fisik harus prima. Tubuh sehat dan mental yang kuat akan sangat membantu memudahkanmu dalam menjawab setiap pertanyaan dalam tes minat dan bakat. 

SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *