Jenis Modal Verbs dan Contoh Kalimatnya Dalam Bahasa Inggris

Modal merupakan kata kerja bantu yang umum dipakai dalam kalimat bahasa Inggris. Pada umumnya, kamu bisa menggunakan kata kerja modal untuk mengungkapkan sikap penutur terhadap suatu hal. Biasanya kata kerja modal bisa kamu gunakan untuk mengutarakan permintaan, izin, kemungkinan, kemampuan, atau kesediaan untuk melakukan sesuatu. Pada dasarnya, semua kata kerja modal akan selalu diikuti oleh kata kerja bentuk pertama (V1), sehingga cara penggunaannya tidak terlalu sulit. Yuk kita lihat jenis-jenis dan contoh kalimat modal verbs dalam bahasa Inggris.

Will dan Would

Will adalah salah satu contoh dari modal verbs yang paling sering digunakan dalam kalimat bahasa Inggris sehari hari.  Kata kerja modal ini berfungsi untuk menyatakan rencana atau niatan, dan untuk menanyakan permintaan. Berikut contoh kalimat modal verbs menggunakan will:

  • I will go to Bandung tomorrow morning.
  • Will you carry this bag for me? Because it is quite heavy.

Sementara itu, would adalah modal verb yang tidak jauh berbeda dengan will, akan tetapi would merupakan bentuk masa lampau dari will. Selain itu, would juga bisa kamu gunakan untuk menanyakan permintaan atau permohonan dengan sopan. Berikut contoh kalimat modal verbs menggunakan would:

  • He would definitely forgive him since he said sorry.
  • Would you please pick that phone up?

Can dan Could

Can juga merupakan salah satu modal verbs yang cukup sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. can pada umumnya bisa kamu gunakan untuk menyatakan kemampuan, atau bisa juga untuk menyatakan kemungkinan dan meminta izin. Berikut contoh kalimat modal verbs menggunakan can:

  • Wow, she can sing and reach that high note!
  • Prices can be high in metropolitan city, so it’s going to be tough living there.
  • Can I borrow a pen? I don’t bring any.

Sementara itu, could adalah modal verb yang tidak jauh berbeda dengan can, akan tetapi could merupakan bentuk masa lampau dari can. Selain itu, could juga bisa kamu gunakan untuk menyatakan kemungkinan atau permohonan dengan sopan. 

Berikut contoh kalimat modal verbs menggunakan could:

  • I could speak English when I was a child.
  • Sam could go to jail for stealing the money.
  • Could you help me to hold this for a minute?

May dan Might

Modal verb selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah may. Modal verb ini dapat berfungsi untuk menyatakan kemungkinan, meminta izin, atau menyatakan harapan di masa depan. Berikut contoh kalimat modal verbs menggunakan may:

  • The company may run into some problems in the near future, so the board directors have to be extremely careful.
  • May I invite my friends to my birthday party?
  • We’ve had great success this year; may we continue to do so for years to come.

Meski memiliki makna yang sama dengan may, kata kerja modal ini merupakan bentuk masa lampau. Selain itu, berbeda dengan may, might bisa kamu gunakan untuk menyatakan kemungkinan yang lebih tidak pasti. Might juga bisa kamu gunakan untuk memberikan rekomendasi. Berikut contoh kalimat modal verbs menggunakan might:

  • I’m hoping that she might call me tonight, even though I know the possibility is low.
  • Your cooking tastes very good, though you might add a little bit of salt.

Nah, itu dia penjelasan mengenai modal verbs dan contoh kalimat modal verbs dalam bahasa Inggris. Bagaimana? Tidak sulit kan? Jangan lupa untuk terus belajar dan berlatih dalam membuat kalimat menggunakan modal verbs, ya! Kalau kamu masih merasa kesulitan dan ingin meningkatkan kemampuan kamu dalam menggunakan bahasa Inggris, yuk ikutan program kelas bahasa Inggris di Sun English yang memiliki kelas sesuai dengan kebutuhan belajar kamu. Kamu juga bisa mengetahui level bahasa Inggris kamu agar pilihan program dapat disesuaikan dengan kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki.

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *