5 LANGKAH CARA LULUS TOEFL YANG JITU

cara lulus TOEFL
Source: pexels.com

Buat kamu yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi biasanya membutuhkan beberapa tes berbahasa Inggris. Tes- tes itu yang akan mengukur kemampuan kamu dalam berbahasa Inggris sesuai dengan nilai yang tertera di sertifikat yang kamu terima. Nah, dari nilai-nilai tersebut, maka kamu akan tau apakah kamu lulus atau kamu harus belajar lagi supaya kamu bisa lulus sesuai dengan target nilai yang kamu butuhkan.

Banyak cara lulus TOEFL yang kamu bisa lakukan supaya nilai TOEFL mu bisa mencapai target yang kamu mau. Tetapi sebelum kamu lanjut membaca, ada baiknya kalau kita mengetahui apa sih TOEFL itu. TOEFL sebenarnya singkatan dari Test Of English as a Foreign Language.

Baca juga: BEBERAPA PERTANYAAN TENTANG TOEFL YANG SERING MUNCUL

cara lulus TOEFL
Source: pexels.com

Ada beberapa macam jenis TOEFL. TOEFL IBT adalah standar tes untuk kamu yang akan melanjutkan sekolah ke luar negeri. Jadi, TOEFL IBT ini adalah computer-based test, dimana tes nya itu sendiri menggunakan komputer. Nilai dari TOEFL IBT ini adalah berkisar antara 0-120. Untuk program diploma biasanya membutuhkan nilai paling rendah 60 sampai dengan 70 an. Nah, untuk yang langsung ke undergraduate program paling tidak harus 100 loh. Jadi memang tidak mudah ya karena standar yang dari institusi-institusi di luar negeri berbeda-beda.

Selain daripada itu adalah TOEFL ITP dimana tes TOEFL ini merupakan paper-based test. Nah, bisanya jenis tes ini adalah untuk keperluan di dalam negeri saja. Biasanya institusi-institusi di dalam negeri menggunakan TOEFL ITP sebagai salah satu persyaratannya untuk penerimaan mahasiswa baru. Kisaran nilai untuk TOEFL ITP adalah 310-677. Biasanya kamu setidaknya harus bisa mencapai setidaknya diatas 550 supaya dapat masuk ke sekolah impian kamu.

Cara lulus TOEFL:

Ikut Prediction Test

Nah, supaya kamu dapat mengukur seberapa bagus sebenarnya bahasa Inggris kamu, maka ada baiknya kamu ikut prediction test. Dengan mengikuti tes ini kamu bisa tahu di bagian yang mana kamu harus tingkatkan atau kalau sudah bagus dan nilainya tercapai maka kamu tinggal langsung ikut official test nya saja. 

Cari Tempat Kursus Yang CocokĀ 

Mencari tempat untuk kursus yang sesuai dengan keinginan kamu juga penting supaya kamu lebih termotivasi lagi. Bukannya kamu tidak bisa belajar dan berlatih secara otodidak, tetapi terkadang kamu juga butuh saran dan masukan dari pengajar sehingga menambah pemahaman kamu tentang apa yang kamu pelajari.

Terus Berlatih

Berlatih dengan berbagai jenis soal-soal dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda juga sangatlah bagus sebagai cara lulus TOEFL loh. Dengan terbiasa memecahkan masalah dalam latihan-latihan tersebut, maka kecepatan kamu untuk memilih jawaban yang benar akan semakin meningkat pesat. 

cara lulus TOEFL
Source: pexels.com

Dapatkan Materi Yang terbaruĀ 

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa mengakses materi-materi yang terbaru secara online. Ini juga cara lulus TOEFL dengan mudah. Karena semakin rajin kamu memburu materi-materi terbaru, maka kamu akan lebih baik belajarnya karena pastinya si pembuat tes akan terus mengganti materi-materi yang mereka pakai dengan materi-materi yang lebih up to date

Tetapkan Target

Menetapkan target kapan mengambil official test juga akan membuat kamu lebih disiplin dalam belajar. Selain daripada itu menetapkan score TOEFL yang kamu akan capai juga sangatlah penting. Dengan mengetahui target nilai yang kamu butuhkan, maka kamu bisa lebih fokus dalam mempersiapkannya.

Demikianlah cara lulus TOEFL yang dapat kamu persiapkan jauh hari sebelum kamu membutuhkannya. Ingat, tidak ada yang instan dalam hidup ini ya kecuali mie instan!. Ayo, persiapkan dari sekarang dan jangan tunda-tunda lagi.
Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *