Apa saja syarat masuk Universitas Harvard?

source: unsplash.com

Seperti kita ketahui, pendidikan merupakan jalan untuk menggapai cita-cita yang kita inginkan, dengan berkembangnya arus informasi, zaman dan tuntutan untuk mendapatkan pendidikan terbaik, kuliah di luar negeri dapat menjadi pilihan bagi kita yang ingin meraih kesuksesan.

Memasuki dunia baru, mengenal budaya baru, merasakan pendidikan berkualitas – dan bersiaplah kita untuk melanglang buana di masa depan. Tidak ada yang bisa menandingi intensnya pengalaman internasional kita selama kuliah di luar negeri.

Hayo, negara mana saja nih yang mau kamu tuju untuk meneruskan pendidikan? Sudahkah kalian menemukan universitas, jurusan yang mau diambil? Berapa sih biaya yang harus dikeluarkan? Lalu seperti apa budaya mereka? Pastinya banyak pertanyaan-pertanyaan seperti itu yang harus terjawab sebelum kita memutuskan pergi melangkah lebih jauh, memasuki petualangan baru dalam perjalanan pendidikan. 

Universitas Ternama

Salah satu Universitas terkenal yang juga merupakan sasaran banyak orang diseluruh dunia adalah Universitas Harvard. Syarat masuk Universitas Harvard menjadi perhatian besar bagi para pelajar dunia yang ingin melanjutkan studinya ke luar negeri. Berdiri pada tahun 1636, Universitas Harvard adalah lembaga perguruan tinggi tertua yang menjadi rumah bagi 360.000 alumni yang masih hidup di Amerika Serikat. Universitas Harvard juga memiliki beasiswa yang banyak diincar para pelajar di seluruh dunia.

Hampir semua fakultas di Universitas Harvard memiliki keunggulan pada bidang penelitian dan mengajar sekaligus mempelajari batas pengetahuan manusia. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk belajar di Universitas Harvard? Apa saja sih syarat masuk Universitas Harvard? Yuk sama-sama kita simak penjelasan dibawah ini lebih jauh lagi.

source: unsplash.com

1. Aplikasi

Universitas Harvard menerima aplikasi umum dan aplikasi koalisi yang dimana kamu harus melengkapi dan mengumpulkan seluruh berkas tersebut secara lengkap. Jika kamu menggunakan aplikasi umum, maka kamu harus mengumpulkan aplikasi tersebut dengan adanya berkas ijazah juga rapor sekolah.

Sampai kamu mengumpulkan seluruh aplikasi tersebut maka tidak ada informasi apapun yang akan diterima oleh tim admisi Harvard. Setelah mengumpulkan aplikasi, kamu akan menunggu email konfirmasi dengan sebuah PIN agar kamu bisa masuk dalam portal pendaftaran mahasiswa baru.

Biasanya email konfirmasi aplikasi dikirimkan pada pertengahan September setiap tahunnya. Kamu bisa menerima email konfirmasi tersebut setelah mengumpulkan aplikasi secara online, biasanya membutuhkan waktu 2 minggu.

2. Selesaikan biaya administrasi

Kamu bisa membayar biaya pendaftaran secara online menggunakan credit card. Atau kamu juga bisa langsung menyelesaikan pembayaran pendaftaran ke bagian admisi Harvard college dengan alamat berikut:

Harvard College Admissions

86 Brattle Street, Cambridge, MA 02138.

3. Skor tes standardisasi

Untuk periode 2021-2022, mahasiswa baru tidak perlu mencantumkan skor tes standardisasi. Apabila kamu ingin mengumpulkan tes standarisasi maka harus melampirkan SAT/ACT dengan atau tanpa komponen writing.

source: unsplash.com

4. Rapor sekolah dan surat rekomendasi guru

Ketika kamu mendaftar, konselor sekolah akan mengirimkan transkrip termasuk nilai rapor sehingga bagian admisi akan mengecek performa akademik. Kamu juga harus meminta dua guru mata pelajaran berbeda yang mengetahui kamu secara baik untuk mengisi formulir evaluasi guru.

Jika kamu ingin mengumpulkan surat rekomendasi tambahan kamu dapat melakukannya setelah mengumpulkan aplikasi. Pada bagian email konfirmasi aplikasi, kamu bisa menggunakan link khusus untuk mengirim hal tersebut kepada recommender.

Universitas Harvard mewajibkan pendaftaran dengan syarat ijazah dan transkrip nilai dengan batas waktu 1 Juli. Pihak konselor sekolah harus mengirimkan transkrip dan ijazah tersebut.

5. Syarat tambahan

Kamu bisa menggunakan karya, rekaman musik, atau hasil pencapaian akademik lainnya yang bisa dievaluasi oleh fakultas. Berkas tambahan ini merupakan syarat opsional hanya untuk membantu dalam memutuskan penerimaan mahasiswa.

Seperti kita ketahui biaya hidup untuk kuliah di Universitas Harvard tidaklah murah. Kita harus menyiapkan banyak uang ketika kita tidak mendapatkan beasiswa. Kita pun harus pintar dalam mengatur keuangan ketika ingin kuliah di Universitas Harvard.

Saat ini kamu sudah mengetahui seperti apa cara mengurus pendaftaran di Universitas Harvard. Penting juga untuk mempelajari berapa biaya hidup ketika kuliah di USA.

Hidup di Amerika

Biaya hidup di Amerika Serikat berdasarkan rata-rata nasional 100. Artinya, apabila indeks biaya hidup dalam suatu daerah kurang dari 100 maka bisa dikatakan bahwa biaya hidupnya tergolong terjangkau jika dibandingkan dengan rata-rata biaya kehidupan di Amerika Serikat. Faktor yang mempengaruhi besaran biaya hidup di berbagai kota Amerika Serikat adalah tempat tinggal biaya barang dan biaya jasa.

Jika kamu memilih tinggal di Cambridge, Massachusetts selama menjadi mahasiswa Universitas Harvard, maka biaya hidupnya 72% lebih mahal dibandingkan dengan indeks rata-rata nasional. Kamu harus membagi keuangan dengan total 9% untuk biaya transportasi, 10% untuk perlengkapan, 30% untuk biaya akomodasi, 33% untuk barang dan jasa, 13% bahan makanan, juga 5% perawatan kesehatan.

Biaya hidup selama menjadi mahasiswa Harvard juga sangat bergantung pada gaya hidup dan selera pribadi. Kamu bisa menghabiskan hingga $30.000 apabila memilih tinggal disana selama 1 tahun.

source: unsplash.com

Intinya kita harus memiliki strategi yang bagus agar diterima di Universitas Harvard. Seperti kita ketahui kuliah di Amerika tidaklah murah. Syarat masuk Universitas Harvard memang terbilang banyak dan detail, sehingga perlu dipersiapkan dengan matang. Jangan lupa untuk membuat list apa saja persyaratan pendaftaran agar lebih mudah untuk memenuhinya dan meminimalisir adanya komponen yang terlewat.

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *