Bingung Penyebutan Jam dalam Bahasa Inggris? Yuk Simak Cara Caranya!

           Dalam kehidupan sehari-hari, sadar atau tidak kita selalu berhubungan dengan waktu setiap harinya, baik itu menyebutkan waktu maupun bertanya mengenai waktu. Waktu atau jam merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Dalam bahasa Indonesia, menyatakan waktu tergolong sangat mudah. Akan tetapi dalam bahasa Inggris, cara menyatakan waktu memiliki standar dan aturan yang berbeda dari standar dan aturan dalam bahasa Indonesia.

Ada cara yang cukup mudah, namun ada juga cara yang mungkin akan membuat kamu mengernyitkan dahi dan berpikir sejenak sebelum mengucapkan jamnya. Apakah kamu termasuk yang masih bingung bagaimana cara membaca dan menyebutkan jam dalam bahasa Inggris? Yuk, kita pelajari langsung saja cara-cara penyebutan jam dalam bahasa Inggris di bawah ini!

Penyebutan Jam Dengan Menggunakan O’clock

Cara ini merupakan cara yang paling mudah dari cara membaca jam yang lain. O’clock sendiri merupakan singkatan dari of the clock, akan tetapi singkatan o’clock lebih umum digunakan. O’clock pada umumnya bisa kamu gunakan untuk menyatakan waktu yang tepat, tidak kurang dan tidak lebih, yaitu ketika jarum jam panjang menunjukkan angka 12. Cara penyebutan jam nya adalah dengan membaca angka jam yang ditunjuk oleh jarum pendek dan kemudian diikuti dengan o’clock.

Contohnya:

03.00 = three o’clock

11.00 = eleven o’clock

08.00 = eight o’clock

Penyebutan Jam Dengan Menggunakan After atau Past

           After dan past sendiri memiliki makna “lebih” dalam penyebutan jam dalam bahasa Indonesia. Akan tetapi, cara menyebutkan jam dengan menggunakan after atau past akan sedikit berbeda. Apabila kamu ingin menyebutkan jam menggunakan kedua kata ini, maka kamu perlu membaca menitnya dahulu, kemudian bisa kamu ikuti dengan membaca jamnya. Jika menit yang terlewat termasuk bilangan kelipatan 5, maka kamu tidak perlu menambahkan kata minutes. Namun apabila menit yang terlewat bukan kelipatan 5, maka kamu perlu menambahkan kata minutes.

Contohnya:

·       04.25 = twenty five after four / twenty five past four

·       01.17 = seventeen minutes after one / seventeen minutes past one

Half Past

           Ketika jarum jam panjang berada tepat di angka 6, maka hal itu menunjukkan telah lewat setengah jam dari jarum panjang. Half past dapat digunakan untuk menunjukkan waktu lewat atau lebih dari 30 menit. Cara membacanya sama dengan sebelumnya, yaitu dengan menyebutkan half past terlebih dahulu, kemudian dengan menyebutkan angka jam.

Contohnya:

07.30 = half past seven

03.30 = half past three

10.30 = half past ten

Quarter Past

           Ketika jarum jam panjang berada tepat di angka 3, maka hal itu menunjukkan telah lewat seperempat jam dari jarum panjang. Quarter past dapat digunakan untuk menunjukkan waktu lewat atau lebih dari 15 menit. Cara membacanya sama dengan sebelumnya, yaitu dengan menyebutkan quarter past terlebih dahulu, kemudian dengan menyebutkan angka jam.

Contohnya:

04.15 = quarter past four

01.15 = quarter past one

11.15 = quarter past eleven

Penyebutan Jam Dengan Menggunakan Before atau To

Before dan to sendiri memiliki makna “kurang” dalam penyebutan jam dalam bahasa Indonesia. Akan tetapi, cara menyebutkan jam dengan menggunakan before atau to akan sedikit berbeda. Kamu dapat menggunakan Before dan to untuk menit ke 31 hingga ke 59. Apabila kamu ingin menyebutkan jam menggunakan kedua kata ini, maka kamu perlu membaca menit yang kurang terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan jam yang akan datang. Sama halnya dengan after dan past, jika menit yang terlewat termasuk bilangan kelipatan 5, maka kamu tidak perlu menambahkan kata minutes. Namun apabila menit yang terlewat bukan kelipatan 5, maka kamu perlu menambahkan kata minutes.

Contohnya:

09.40 = twenty before ten / twenty to ten

04.33 = twenty seven minutes before five / twenty seven minutes to five

Kamu harus selalu ingat jika ingin menggunakan keterangan before atau to, maka penyebutan jam akan selalu waktu yang dituju, bukan waktu yang dituliskan, ya!

Quarter to

           Kamu bisa menggunakan quarter to ketika jarum jam panjang menunjukkan angka 9, yang menunjukkan waktu lewat 45 menit atau kurang 15 menit. Cara membacanya yaitu dengan membaca a quarter to terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan jam yang akan dituju.

Contohnya:

10.45 = a quarter to eleven

06.45 = a quarter to seven

02.45 = a quarter to three

Penyebutan Jam Dengan Menggunakan AM dan PM

           Pada umumnya, sistem waktu di luar negeri menggunakan sistem 12 jam dengan tambahan keterangan AM dan PM, cukup berbeda dengan Indonesia yang menggunakan sistem waktu 24 jam. Maka dari itu, banyak sekali orang yang melakukan kesalahan dalam pengucapan AM dan PM karena sistem waktu yang berbeda ini.

           AM merupakan singkatan dari ante meridiem dan pada umumnya kamu bisa menggunakan satuan waktu ini untuk menyebutkan waktu mulai dari dini hari (00.00) hingga tengah hari pukul (11.59). Sementara PM merupakan singkatan dari post meridiem dan kamu bisa menggunakan satuan waktu ini untuk menyebutkan waktu mulai tengah hari pukul (12.00) hingga tengah malam pukul (23.59). AM dan PM dapat kamu gunakan dalam situasi yang tidak terlalu formal dan pada umumnya kamu tidak menggabung satuan waktu tersebut dengan before / to atau after / past. Maka dari itu, cara penyebutan jam dengan AM dan PM ini sebenarnya cukup mudah dibandingkan dengan cara penyebutan yang lain.

Contohnya:

13.15 = one fifteen p.m.

08.47 = eight forty seven a.m.

Penyebutan Jam Dalam Situasi Tidak Formal

           Cara ini merupakan cara yang paling mudah karena tergolong kurang formal. Cara ini agak mirip dengan penyebutan AM dan PM sebelumnya, yaitu kamu cukup mengucapkan angka yang tertera secara berurutan. Akan tetapi ada satu pengecualian, yaitu ketika menyebutkan angka “nol” pada jam, biasanya bukan menggunakan zero melainkan menggunakan oh.

Contohnya:

01.47 = one forty seven

03.16 = three sixteen

08.07 = eight oh six

Nah, itu dia pembahasan tentang cara penyebutan jam dalam bahasa Inggris. Meski terkesan sepele, ternyata cukup sulit juga ya mengingat ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan. Sebagai latihan, kamu bisa terus berlatih menulis dan juga menyebutkan jam agar kamu terbiasa ya!

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa menemukan informasinya di sini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *