Beasiswa Luar Negeri S1 2024, Wujudkan Impianmu untuk Kuliah di Luar Negeri

Bulan maret adalah bulan persiapan. Banyak anak-anak kelas XI dan XII yang mempersiapkan diri untuk lanjut ke tingkat yang lebih tinggi. Tentunya banyak yang ingin kuliah keluar negeri, namun kendala di biaya sering menjadi hambatan. Artikel ini akan membantu untuk melihat sejumlah beasiswa luar negeri S1 yang ditawarkan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri di tahun 2024 dan cara mendapatkan beasiswa luar negeri tersebut.

source: depositphotos

Penting untuk mengetahui bahwa ada beberapa jenis beasiswa luar negeri S1 yang ditawarkan; antara lain beasiswa oleh pemerintah negara asal dan negara tujuan, oleh pihak swasta, dan juga oleh universitas dan kampus yang bersangkutan.

Beasiswa-beasiswa luar negeri S1 juga diberikan berdasarkan tujuan antara lain beasiswa prestasi, beasiswa kebutuhan dan beasiswa atletik.Selain itu, Beasiswa juga ada yang bersifat fully funded, yang artinya beasiswa ini akan mencakup semua biaya, baik biaya akademis dan juga biaya akomodasi selama berkuliah di luar negeri, dan juga ada yang bersifat waiver/partial, yang artinya beasiswa ini berupa potongan biaya, dari 10% hingga 50%. 

Terakhir jangan lupa, perhatikan juga beasiswa yang berdasarkan jurusan yang ingin ditempuh. Sejumlah beasiswa luar negeri S1 dikhususkan untuk beberapa jurusan-jurusan tertentu dan tidak semua jurusan dibiayai oleh beasiswa-beasiswa yang ada.

Berikut kita melihat beberapa beasiswa-beasiswa yang ditawarkan di tahun 2024 baik dari pemerintah Indonesia dan juga dari luar negeri.

Program Beasiswa Luar Negeri S1 dari pemerintah Indonesia

Beasiswa Indonesia Maju

Program Beasiswa Indonesia Maju yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) adalah program beasiswa yang membantu peserta didik/lulusan yang berprestasi pada bidang akademik dan non-akademik.

Beasiswa ini menawarkan dua program yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan: beasiswa gelar, yang mendanai studi sarjana dan pascasarjana baik di dalam maupun luar negeri, dan beasiswa non-gelar, yang menyediakan program persiapan untuk studi sarjana di luar negeri.

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Beasiswa LPDP adalah beasiswa yang dibiayai oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan memberikan kesempatan besar untuk melanjutkan studi S1 hingga S3 lewat beasiswa luar negeri yang satu ini. Beasiswa LPDP meringankan beban biaya kuliah dan biaya lainnya, serta juga menanggung biaya hidup dan penelitian untuk mahasiswa magister dan doktoral. 

Terdapat 3 program utama yang dibuka oleh Kementerian Keuangan untuk Beasiswa LPDP di tahun 2024 ini, Program Umum, Program Targeted dan Program Afirmasi. Program LPDP memberikan banyak peluang tidak hanya bagi pelajar, tetapi juga bagi wirausaha, ulama, karyawan bahkan hingga pegawai negeri.

Image by rawpixel.com on Freepik

Program Beasiswa Luar Negeri S1 dari Luar Negeri 

Beasiswa Australia

Australia Awards Scholarships

Australia Awards Scholarships adalah beasiswa yang dibiayai oleh pemerintahan Australia dan memberikan kesempatan untuk kuliah di Australia baik jenjang undergraduate atau S1 hingga postgraduate atau S3. 

Beasiswa ini memberikan beasiswa full biaya kuliah untuk warga negara di negara-negara tertentu, terutama di wilayah Indo-pacific guna menyelesaikan program sarjana atau Magister dan Doktoral di universitas dan Institusi Teknik dan Pendidikan Lanjut – Technical and Further Education (TAFE)- di Australia yang terdaftar. 

International High Achievers Scholarship

Universitas Queensland memberikan beasiswa luar negeri s1 untuk siswa internasional mereka yang bertujuan untuk mengambil gelar sarjana dan pascasarjana. 

Beasiswa ini membantu dalam biaya kuliah dan biaya hidup selama belajar di Australia sehingga memungkinkan siswa untuk fokus pada penilaian akademik dan mendapatkan pengalaman yang tak ternilai dalam lingkungan internasional. Terlebih, beasiswa ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk menjadi bagian dari komunitas yang beragam di Universitas Queensland. 

Swinburne International Scholarship

Adalah beasiswa diskon yang diberikan oleh Swinburne University untuk siswa yang mempunyai nilai akademik yang baik. Program beasiswa ini dibuka untuk mahasiswa Swinburne yang mulai kuliah di kampus Swinburne Hawthorn Campus di bulan Juni hingga bulan Desember 2024.

Beberapa beasiswa luar negeri s1 lain di Australia antara lain: 

Monash International Leadership Scholarship

Melbourne International Undergraduate Scholarship

University of Adelaide Global Citizens Scholarship

University of South Australia International Merit Scholarship

Sydney International Student Award

University of Wollongong University Excellence Scholarships

Beasiswa Selandia Baru

University of Auckland ASEAN High Achievers Scholarship

Beasiswa luar negeri S1 berikutnya datang dari negara Selandia Baru, tepatnya Universitas Auckland untuk warga ASEAN. Beasiswa yang diberikan ini diperuntukkan untuk calon mahasiswa yang akan menempuh kuliah di jenjang S1 hingga S3 dengan nilai hingga mencapai $10.000, (sekitar 95jt Rupiah).

Tongarewa International Scholarship

Victoria University of Wellington menawarkan biaya kuliah gratis 1 tahun untuk mahasiswa international mereka yang berminat dan akan memulai kuliah di –Te Herenga Waka– Bahasa Maori-nya Universitas Victoria Wellington di tahun 2024 ini.

Baca Juga: Kuliah Tanpa Biaya, Universitas Luar Negeri Ini Menyediakan Beasiswa Full

Image by freepik

Beasiswa Inggris

GREAT Scholarships

GREAT Scholarships adalah program beasiswa luar negeri S1 yang dibiayai oleh pemerintah Inggris, UK British-Council dan diperuntukkan untuk calon mahasiswa yang akan studi tingkat tinggi di negara Inggris. 

GREAT Scholarships ini ditawarkan kepada 15 negara saja, termasuk negara Indonesia dan mencakup lebih dari 10 universitas-universitas ternama di Inggris Raya seperti Bournemouth University dan University of Sussex. GREAT Scholarships adalah beasiswa luar negeri S1 yang mencapai £10.000, untuk kurun waktu satu tahun dan untuk beberapa universitas, beasiswa ini juga menutupi biaya-biaya lain.

UCL Global Undergraduate Scholarship

The UCL Global Undergraduate Scholarship adalah beasiswa yang sedikit berbeda dengan beasiswa lain, yakni beasiswa ini bertujuan untuk memudahkan mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari latar belakang ekonomi yang kurang mampu sehingga mereka bisa menyelesaikan program studi S1 mereka di University College London, salah satu Universitas bergengsi di dunia dan merupakan lembaga pendidikan tinggi terbesar di area London. 

beberapa beasiswa luar negeri lain di Inggris antara lain:

International Undergraduate Merit Scholarship 2024, University of Sheffield

Undergraduate International Excellence Scholarships, Cardiff University

Baca juga: Belajar Apa Aja Sih Di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris?

Beasiswa Kanada

UBC International Scholars

The University of British Columbia, Kanada menawarkan program International Scholars awards yang berisikan beberapa awards dan beasiswa bagi mahasiswa internasional yang akan belajar di Kanada. Beberapa awards yang diberikan seperti Karen McKellin International Leader of Tomorrow Award dan Vantage One Excellence Award.

Canada-ASEAN Scholarships and Educational Exchanges for Development

Program beasiswa dari pemerintah Kanada ini sudah tutup per tanggal 21 Maret 2024, tapi bagi peminat yang tertarik untuk mempersiapkan diri di tahun depan, bisa melihat syarat-syarat program beasiswa yang ditawarkan ini.

Lihat juga:

The Lester B. Pearson International Scholarship, University of Toronto

Beasiswa Amerika Serikat

Fulbright Foreign Student Program

Program Fulbright adalah program populer bagi mahasiswa yang tertarik untuk menempuh pendidikan tinggi di Amerika Serikat. Program ini beroperasi di lebih dari 160 negara dan begitu banyaknya sehingga persyaratannya berbeda-beda tergantung negara yang bersangkutan. Tentunya, program ini juga bisa ditemui di Indonesia tepatnya di Jakarta.

Knight-Hennessy Scholars, Stanford University

Universitas Stanford yang berlokasi di California menawarkan beasiswa Knight-hennessy yang tidak terbatas oleh usia, kampus, bidang studi ataupun cita-cita. Beasiswa yang diberikan juga melingkupi segala jenjang, dari program diploma, sarjana hingga program magister dan doktoral.

Lihat juga:Stamps scholarship, University of Miami

Image by freepik

Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri

Beasiswa luar negeri s1 di negara-negara lain

Ada banyak lagi beasiswa-beasiswa yang ditawarkan di dunia ini, antara lain sebagai berikut:

KMUTT international Scholarship Program di Thailand

MoE Taiwan Scholarship di Taiwan

Ritsumeikan APU Scholarship di Jepang

kyoto university international undergraduate program scholarship di Jepang

METU Undergraduate Scholarship di Turki

France Excellence IFI Scholarship di Prancis

University of Padua International Excellence Scholarship di Italia

Untuk mewujudkan impianmu kuliah di luar negeri dan mempersiapkan karir masa depan tentunya juga memerlukan prestasi dan kemampuan yang dapat dipercaya untuk dapat memperoleh beasiswa, salah satunya adalah nilai IELTS yang cukup. Mari bergabung dengan SUN English untuk melatih kemampuan bahasa Inggris sehingga bisa menjadi bekal baik dalam mengejar cita-cita.
Baca juga:Kursus Bahasa Inggris Untuk Dewasa Yang Cocok Untuk Kamu